rekamanjejakhijau.com

Cara Menyusun 1000 Keping Puzzle

1000 Keping Puzzle


Sejarah Puzzle

Puzzle pertama kali ditemukan oleh John Spilsbury, seorang ahli pembuat peta berkebangsaan Inggris pada tahun 1766. Berawal dari mengajarkan ke anak - anak tentang peta dan hubungan geografi antar negara. Peta yang utuh, dia potong menjadi beberapa bagian dan meminta muridnya menyusunnya kembali. 

Mr. John melihat peluang ekonomi melalui permainan edukatif ini dan terciptalah Jigsaw Puzzle yang mendunia. Lambat laun banyak penelitian mengatakan bahwa puzzle mampu asah otak untuk anak anak dan dewasa. Apa? bermain puzzle untuk dewasa? Ya, ada puzzle yang memang diperuntukkan untuk orang dewasa dengan jumlah keping  100  hingga 1000 keping puzzle.

Sejak kecil,aku maniak sekali puzzle, mulai berbentuk fisik hingga yang dimainkan di laptop. Melalui grup Saling Beri milik komunitas Gemar Rapi, aku mendapatkan puzzle 1000 keping dengan cuma cuma hanya berbayar ongkos kirim. Saat paket puzzle datang, ada 6 kantong keping puzzle di dalamnya. 

Bagaimana Cara Menyusunnya ? 

1. Kenali

Tak kenal maka tak sayang, kenali gambar puzzle ini. Petunjuk yang paling menonjol yaitu ada bendera negar adidaya, bisa dipastikan salah satu bangunan iconic di sana. Berselancar di mesin pencari dengan keyword, "gedung terkenal di Amerika", hasilnya adalah United States Capitol atau Gedung Kapitol, terletak di puncak Capitol Hill, Washington D.C semacam gedung DPR di sana.

Selanjutnya, cek isi box, adakah buku petunjuk atau tulisan apapun yang tertera di sana. Tanpa menemukan buku / kartu petunjuk, hanya menemukan tulisan A C E | B D F dan tidak tahu abjad A dimulai dari kanan, kiri, atas atau bawah.

2. Amati

Ambil keping puzzle, amati  sisi depan & belakangnya. Aku menemukan semacam kode berupa abjad (A,B, C, D, E,F) pada sisi belakang. Ada juga keping transisi, ditandai dengan kode sisi belakang AC,AB,CD dan seterusnya. 


3. Buat Kesimpulan

Abjad di sisi belakang keping puzzle adalah kode yang nanti memudahkan menjadi satu kesatuan utuh. 1000 puzzle terbagi menjadi 6 bagian (A,B,C,D,E,F) dengan urutannya baris atas A C E dan baris bawah B D F.

4. Susun 

Mari susun keping puzzle dengan mencocokkan gambar puzzle yang utuh sebagai panduannya. 
Mulai menyusun dari bagian mana ?

  • Buat Area Kerja. Pilih tempat yang cukup luas dan bebas dari gangguan. Aku memilih posisi lantai  yang sekiranya jarang dilalui dan beri pembatas area kerja.                            

  • Susun per bagian gambar sesuai kode abjad dan ingat keping puzzle yang bertepi lurus, dapat dipastikan sebagai sisi pinggir. Ambil salah satu keping yang objeknya mudah dikenali hanya dengan melihat gambar utuhnya dan kelompokan keping yang gambarnya hampir mirip dengan keping terpilih tadi. Cocokan antara sisi depan dan belakang.                                                                                                      
  • Jika kode abjad saling beririsan dan sisi depan juga sesuai, artinya kedua puzzle itu saling berpasangan. Repot di awal dengan bolak balik cek sisi depan dan belakang. Lelah, tapi it works perlahan cek bola balik akan ditinggalkan saat sudah mulai berbentuk walau belum sempurna dan di otak kita sudah terbayang akan menjadi gambar apa.                                                                   

  • Perlahan petunjuk A C E - B D F yang tertulis di box akan terpecahkan. Setelah aku coba menyusunnya, ternyata kode abjad A dimulai dari pojok kanan atas dan disusul abjad B di bawah abjad A. Sehingga bisa disimpulkan A C E adalah baris atas, sedangkan B D F merupakan baris bawah.
  • Lanjutkan menyusun, nikmati dan jangan lupa istirahat biar tetap waras. Mau berhenti tapi penasaran, inilah kerumitan yang menyenangkan.                                                        

  • Setelah  konsentrasi selama 3 hari, terselesaikan sudah teka teki ini. Namun sayang sekali ada beberapa keping yang hilang, hingga tersisa kira-kira 900 an keping. Aku menyerah di area kode abjad A,C, E dan F yang bagian gambar langit, karena tersisa keping berwarna degradasi biru, pusing dibuatnya dan impossible menurutku. 

1000 keping puzzle Capitol Building sudah tersusun dengan megah, aku sudah cukup bangga dan puas. Bagaimana menarik bukan? Kalian merasa tertantang? Kalian bisa meminjam ke teman atau membeli puzzle dewasa ini toko buku besar atau marketplace langganan dengan harga mulai seratus ribu rupiah. Bahkan ada yang menjual sedikit di bawah bawah harga tersebut. Selamat mencoba, nikmati proses dan rasakan sensasi kebahagiaan setelahnya 😊

sumber bacaan :

History of Puzzles | PuzzleWarehouse.com


 


4 komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.
  1. MasyaAllah seribu keping, Mbak? Kerenn, Mbak.

    Seru banget kayaknya, biar otaknya panas, nambah mikir. Hihi.
    Itu Mbak Ulfa beli dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapat gratis dari grup saling beri punya komunitas gemar rapi mbak

      Hapus
  2. Wah, ini mah harus yang bener -bener tekun ya mbak. Aku nyusun puzzle anak sekitar 30 keping aja kalo ilang beberapa pcs langsung gak mood lanjutinnya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi sebel ya mbak, ngerasa udah nggak asik nih puzzle

      Hapus