rekamanjejakhijau.com

Pengalaman Haid Pakai Menspad Baby Oz

pengalaman pakai menspad baby oz

Semenjak menerapkan zero waste lifestyle di akhir tahun 2018, perlahan saya mulai berusaha memasukkan 5 prinsip zero waste di berbagai sisi kehidupan. Diawali dengan cara yang mudah yaitu Refuse dan Reduce dengan membawa kantong belanja, menyiapkan wadah makanan untuk jajan di luar, membawa botol minum sendiri. Artinya saya menolak penggunaan plastik atau kemasan sekali pakai,

Setiap bulan, saat haid datang saya masih pakai pembalut sekali pakai. Gelisah dong, kan sedang belajar zero waste, pegiat dan praktisi zero waste lifestyle, tapi masih menghasilkan sampah pembalut sekali pakai. Hingga akhirnya saya mencoba memberanikan diri saat haid pakai menspad. 

Menspad Adalah

Menspad adalah akronim dari Menstrual Pad, pembalut yang terbuat dari bahan kain lembut yang berlapis kain tahan cairan.

Sebelum ada penemuan pembalut sekali pakai, perempuan dari seluruh belahan dunia dahulunya sudah memakai menspad yang dibuat dari beberapa lapis kain katun atau handuk kecil yang dilipat dan diselipkan di celana dalam. Lalu, agar kokoh dan tidak bergeser disematkan peniti. Jika sudah terasa basah, kain akan dicuci, dikeringkan dan diganti dengan kain yang baru.

pembalut kain mesntrual pad babay oz

Ya itulah sedikit pengalaman pembalut kain yang diceritakan oleh ibu saya yang mewakili perempuan di masa itu. Agak horor ya, membayangkannya.

Setelah penemuan plastik dan masif digunakan di berbagai kebutuhan sehari-hari, mulailah muncul terobosan pembalut perempuan sekali pakai seperti halnya popok sekali pakai pada bayi.

Ditambah lagi setelah tahu beberapa fakta mencengangkan tentang pembalut sekali pakai, menjadikan saya tidak akan beralih lagi ke pembalut sekali pakai.

Alasan Pakai Menspad

1. Demi Kebaikan Bumi

Yang perlu Hijau Holic ketahui bahwa pembalut sekali pakai ini termasuk limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang memerlukan penangganan khusus untuk mengelolanya, sampah yang sulit sekali terurai dan menimbulkan pencemaran lingkungan terutama di tanah dan perairan.

|Baca Juga : Sungai Code Yogyakarta, tercemar Pospak dan Pembalut Wanita

Faktanya perempuan Indonesia setiap bulannya menghasilkan sampah B3 dari pembalut sekali pakai bisa mencapai 26 ton dalam sehari (Sustanation). Sedangkan menurut OrganiCup, satu perempuan bisa menghabiskan 11.000 pembalut dalam seumur hidupnya. Jumlah yang fantastis bukan?

Pembalut sekali pakai menyimpan bahaya untuk kesehatan reproduksi. Dari Menlhk Direktorat Pengelolaan B3, pembalut sekali pakai mengandung dioxin yang merupakan polutan yang bersifat racun, sulit terurai dan terakumulasi di ekosistem darat dan air serta mampu berindah melintas batas internasional. Artinya dioxin bisa berjalan-jalan di perairan, daratan bumi bahkan bisa mencemari udara jika pembalut sekali pakai dimusnahkan dengan cara dibakar seperti yang umum dilakukan masyarakat Indonesia terutama perempuan.

|Baca Juga : Solusi Alami untuk Polusi Udara

2. Demi Kesehatan Reproduksi
Dari segi kesehatan, dioxin menyebabkan masalah kewanitaan seperti keputihan, gatal, iritasi dan pemicu kanker mulut rahim. Belum lagi adanya tambahan pemutih, pewarna dan pewangi yang bisa memicu alergi pada organ kewanitaan. Menurut penelitian dari Alexandra Scranton, Direktur Sains dan Riset Women’s Voice for The Earth, ditemukan kandungan aseton, styrene, chloromethane, ethyl choliride dan bahan kimia berbahaya lainnya bisa merusak sistem reproduksi, pemicu kanker, gangguan sistem saraf dan gangguan otot dalam paparan konsentrasi tinggi.

Selain itu, saya pernah membaca postingan di laman media sosial bahwa darah haid digunakan sebagai media sihir. Antara percaya dan tidak, saya masih mempertanyakan ini sampai hari ini. Serem juga membayangkan darah haid yang masih menempel di pembalut sekali pakai dan dibuang ke tempat sampah, kemudian dimanfaatkan oleh orang jahat.

Dengan alasan di atas, semoga Hijau Holic bisa mempertimbangkan saat haid pakai menspad dibanding pembalut sekali pakai

Pakai Menspad Baby Oz

Saya mendapat rekomendasi dari seorang teman yang lebih senior menjalankan gaya hidup minim sampah saat haid pakai menspad Baby Oz. Saya segera meluncur ke mesin pencari untuk belanja menspad Baby Oz melalui website resmi dengan alamat https://baby-oz.co.id/

Info dan promo ter update, kalian bisa follow Instagram Baby Oz Selain menspad, Baby Oz juga memproduksi clodi (popok bayi dari kain), kapas kain, alas ompol, pantyliner, breastpad, paket hampers, insert (apa ini? tonton video ini

Harga Ramah Di Dompet

Penampakan Menspad Baby Oz

Menstrual Pad, pembalut kain Baby oz

Video Tutorial Pakai Menspad Baby Oz

Varian Menspad Baby Oz :

  • Minipad untuk pemakaian di akhir periode haid dengan spot darah yang relative sedikit
  • Reguler / Daily untuk haid dengan normal flow
  • Night cocok untuk haid saat sedang deras-derasnya atau heavy flow. Bisa juga dipakai di siang hari, tergantung kebutuhan saja.

Perawatan Menspad Baby Oz

Tim Menspad Baby Oz berbaik hati memberikan Panduan Penggunaan dan Perawatan Menspad Baby Oz agar menspad Baby Oz bisa digunakan sesuai fungsinya dan tahan lama.

Pengalaman Haid Pakai Menspad Baby Oz

Saat paket berisi pembalut kain menspad Baby Oz sudah datang. Ada rasa deg-degan ya, diliputi rasa khawatir nanti kalau tembus bagaimana. Kalau saya sedang banyak bergerak, pembalut kain bisa terjatuh tidak ya. Padahal dipakai aja belum yak.

Ternyata setelah dipakai pengalaman haid pakai menspad Baby Oz tidak seburuk yang saya pikirkan. Malah saya mendapatkan banyak

Kelebihan Menspad Baby Oz

  • Tentu ramah lingkungan karena bisa dicuci dan dipakai berulang
  • Bebas iritasi selama memperhatikan durasi penggantian
  • Mudah digunakan dan terasa ringan
  • Karakter fisik yang lentur dan tidak tebal, sehingga mengikuti lekuk organ kewanitaan serta tidak enggap rasanya.
  • Lapisan dalam dari kain microfleece yang cepat menyerap darah haid dan mudah dibersihkan
Warna kain microfleece yang putih, membuat spot darah terlihat jelas namun memudahkan         mengetahui apakah sudah benar-benar bersih saat mencucinya. Saya yang sebenarnya paling anti warna putih pun tidak lagi takut noda susah hilang. Justru ini sebagai indikator, sudah bersihkah saya mencuci menspad Baby Oz ? yang ditandai dengan tidak terlihatnya noda di microfleece putih.
  • Pengaman dengan kancing jepret dari bahan plastik, sehingga tahan korosi dan tahan geser
  • Hygenis karena bisa dicuci sampai ke sela menspad dengan adanya bukaan. Jadi tidak ada sisa darah yang mengendap atau tersisa
  • Cepat kering walau hanya diangin-anginkan
Mampu menampung banyak darah dengan atau tidak pakai insert (tambahan kain pelapis). Jika haid sedang deras-derasnya tinggal menambahkan insert. Pernah suatu ketika saya terjebak dalam kondisi bertamu dan duduk dalam jagka waktu yang lama. Menspad Baby Oz varian regular sudah terasa penuh dan waktunya diganti, tapi saya menundanya sejenak. Alhasil saat ganti menspad Baby Oz yang baru, ada rembesan darah hingga tembus lapisan terluar (tahan cairan). Namun yang aku suka, darah benar-benar mengering dan tertahan di lapisan terluar itu, tidak sampai menodai celana dalam.

Nah pelajarannya, kalau memang waktunya ganti disegerakan ya. Idealnya maksimal 3-4 jam itu ganti menspad. Biar kalian nyaman bebas dari perasaan was-was, kelembaban organ kewanitaan tetap seimbang dan memudahkan pencucian menspad

  • Ada banyak varian menspad Baby Oz, jadi bisa menyesuaikan kebutuhan pemakaian
  • Harga juga terjangkau, worth it dengan kehandalan yang dimilikinya.
  • Motifnya lucu-lucu, sungguh ini godaan kaum perempuan. Ada yang colorful series (polos), warna warni gonjreng khas cewek kue, motif cewek bumi juga ada
  • Bisa dipakai saat nifas atau pendarahan pasca melahirkan, tentunya dengan tambahan insert

Dan sejauh ini saya belum merasakan kekurangan pada menspad Baby Oz, hanya saja ingin Baby Oz menganti pinggiran menspad dari obras menjadi jahit pinggir agar potensi benang obras tidak terlepas dalam jangka panjang dan membuat terobosan dengan membuat cloth diapers untuk dewasa. Tentunya ini membantu Hijau Holic yang sedang merawat orangtua lansia yang membutuhkan cloth diaper.

Bahagia rasanya bebas dari sampah pembalut sekali pakai tiap bulannya. Walau anti mainstream, saya bangga  saat haid pakai menspad Baby Oz bisa turut andil menyelamatkan perairan dari pencemaran 

Cara Mendapatkan Menspad Baby Oz

Hijau holic yang tertarik mencoba atau bertekad saat haid pakai menspad Baby Oz bisa mendapatkan produknya di website resmi Baby Oz, market place kesayangan kalian seperti Tokopedia, Shopee dan melalui bestie kalian yang menjadi reseller menspad Baby Oz.

Setelah merasakan pengalaman saat haid pakai menspad Baby Oz dan ingin menambah cuan dari rumah dengan berniaga, bisa juga mendaftar menjadi reseller atau program kemitraan. Hijau Holic bisa kontak CS Baby Oz untuk syarat dan ketentuannya.

Yuk merapat dalam barisan perempuan penyelamat bumi dari sampah plastik, terutama pembalut sekali pakai. 

Selaras dengan komitmen Baby Oz yaitu menjaga kualitas dan tetap mendukung gerakan Indonesia bebas sampah plastik. 

Demikian pengalaman saat mens pakai menspad Baby Oz dari saya. Memang saya akui, di antara banyak merk koleksi menspad yang saya miliki. Tetap menspad Baby Oz yang klik di hati. Hijau Holic yang berencana hijrah ke menspad 

|Baca Juga : Pengertian, Sejarah Zero Waste dan Cara Memulai Zero Waste Lifestyle

Dan butuh diskusi, kalian bisa ngobrol lewat kolom komentar ya

sumber bacaan :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190415100018-255-386416/ancaman-kesehatan-di-balik-lembar-empuk-pembalut

https://sustaination.id/stop-menggunakan-pembalut-sekali-pakai/


 

 

 

 

10 komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.
  1. Qadarullah kmren sempat melirik merek ini. Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. cus checkout kakak, nanti bagi cerita pengalaman pakai menspad baby oz ya

      Hapus
  2. Wih mantap nih jadi nggak usah bolak balik nyampah ya kak. Bisa banget buat jadi referensi. Makasi kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, semoga segera menemukan menspad idaman

      Hapus
  3. produknya sepertinya menarik untuk dicoba nih..

    BalasHapus
  4. Wah menarik nih kayaknya kak, aku belum pernah pakai Menspad , pengen coba ahh...makasih kak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok2 kalau sudah pakai menspad. Bagi pengalamannys di blog sudut pandang novita,okey?

      Hapus
  5. Saya juga sudah pakai sejak 2013. Dan merk paling fav memang baby Oz. Mudah sekali dibersihkan ketika di cuci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaa allah duluan mbak iis. Tos baby oz favorit dan andalan kita

      Hapus