rekamanjejakhijau.com

Dapatkan Manfaat Daun Kenikir Untuk Kecantikan Dengan Jus Daun Kenikir

Hari ini saya pergi ke pasar dan menemukan banyak sayur mayur segar yang baru saja diturunkan dari mobil bak. Mata saya langsung hijau ketika melihat ada sayur berdaun gerigi dengan aroma yang khas. Apa lagi kalau bukan Kenikir. Ini salah satu sayur favorit dan incaran saya pagi ini.


bunga kenikir

Karena saya ingin mendapatkan manfaat daun kenikir untuk kecantikan dengan jus daun kenikir. Jadi, saya langsung wat wet, ambil dua ikat daun kenikir dari rak, membayar dan memasukkan ke tas belanja yang sengaja saya siapkan dari rumah. Membawa tas belanja sendiri hanya salah satu cara memulai zero waste lifestyle yang relatif mudah diterapkan. Walau pernah juga kelupaan. hehehe

Kenikir

Tanaman kenikir termasuk tanaman tropis yang memiliki banyak sebutan : kenikir (jawa), salad raja (Malaysia), ulam raja (melayu),randa midang (sumatera barat), tahi kotok (sunda)
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa : Asterales
Suku : Asteraceae
Marga : Cosmos

Jenis Kenikir

Berikut 3 jenis kenikir yang umum di temukan di wilayah Indonesia
1. Cosmos sulphureus jingga
2. Cosmos sulphureus kuning
Kedua jenis kenikir ini seringkali dijumpai, biasanya digunakan sebagai pagar pembatas di pekarangan rumah. Namun tidak dipungkiri kedua kenikir cosmos sulphureus bisa diolah dikonsumsi. Adakah Hijauholic yang sudah mencobanya? Hehehe jadi ingin mencolek teman meramban saya, @putrisarihati
3. Cosmos caudatus
Kenikir ini paling umum ditemukan, dibudidaya dan dimanfaatkan sebagai sayur untuk makanan sehari-hari. Dan sebagai campuran jus / smoothies sayur & buah. Nikmat lho kalau sudah diolah menjadi jus daun kenikir.

jenis kenikir

Ada 1 jenis lagi jenis kenikir yaitu Cosmos bipinnatus. Jenis kenikir yang satu ini biasa ditemukan di daerah Eropa. Austria menjadi salah satu negara yang banyak membudidayakan tanaman ini untuk tanaman hias dan sebagai bunga potong.

cosmos bipinnatus

Cara Budidaya

Mengembangbiakan tanaman kenikir sangat mudah baik menanam dan perawatannya. Hijauholic hanya memerlukan benih kenikir dan menyebarkannya pada media tanam. Kenikir dapat dipanen setelah disemai selama dua minggu dan ditanam di lahan selama enam minggu. Tumbuh baik di dataran rendah dengan kondisi tanah yang subur, liat, dan berdrainase baik. Kenikir suka tumbuh di lahan terbuka atau menggunakan media pot, asalkan mendapat sinar matahari penuh.

Manfaat dan Bahaya Daun Kenikir

Sebelum mengupas segudang manfaat kenikir. Hijauholic perlu mengenali bahaya dari daun kenikir, seperti : bersin, pembengkakan kulit, ruam, gatal, mual dan muntah. Hingga saat ini tidak pernah atau belum adanya laporan tentang hal tersebut. Menurut beberapa penelitian menunjukkan daun kenikir sangat minim efek samping.
Sedangkan manfaatnya sangat banyak sekali dibanding efek sampingnya antara lain :
  • Sumber sayur yang mudah didapat
  • Pestisida nabati
  • Sebagai obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang (kandungan kalsiumnya yang tinggi) dan mencegah serta mengobati penyakit kanker (masih dalam tahap penelitian lebih lanjut)
  • Dan yang terakhir adalah manfaat yang ditunggu dan dicari oleh kaum hawa, yaitu daun kenikir untuk kecantikan.
kenikir

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kecantikan

Tidak disangka daun kenikir yang berbau langu, getir dan pahit di lidah ini memiliki manfaat untuk kecantikan lho Hijauholic. Hayo yang merasa cewek, sini –sini merapat. Saya bocorkan manfaat daun kenikir untuk kecantikan di bawah ini :

1. Membantu Regenerasi Sel Kulit

Regenerasi sel kulit baru dapat dibantu menjadi lebih cepat dengan kandungan zat antioksidan yang ada pada daun kenikir. Masalah hormonal sebagai penyebab kulit kusam, pigmentasi dan minyak berlebih juga akan distimulasi dengan kandungan flavonoid dan saponin yang ada pada daun kenikir. Selain itu juga mengandung anti radikal bebas yang dihasilkan dari polusi udara, sehingga bisa memperbaiki sel-sel yang rusak & mati. Nah yang tinggal di kawasan polusi tinggi ini ada solusi alami dari dalam dengan daun kenikir. Sedangkan dari luar dengan perbanyak menanam tanaman penghasil oksigen

2. Mencegah Bakteri Menempel Pada Kulit

Bakteri  akan buru-buru kabur  dan ogah menempel di kulit. Caranya dengan rutin mengkonsumsinya atau menjadikannya masker wajah dengan membuat pasta daun kenikir terlebih dahulu

3. Membantu Mencerahkan Kulit

Kandungan kolagen dan vitamin C pada daun kenikir menjadikan kulit lebih cerah, kenyal dan lembab.

4. Membuat Kulit Menjadi Halus

Kombinasi vitamin C dan E pada daun kenikir akan membuat suatu reaksi yang membuat kulit wajah jadi halus. Selain itu, bermanfaat juga sebagai pembersih pembuluh darah, sirkulasi darah menjadi lancar dan kebutuhan oksigen dan nutrisi pada kulit terpenuhi karena ada kandungan flavonoid di dalamnya.

5. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Lagi-lagi dengan tingginya kandungan vitamn C dalam daun kenikir, mampu mencegah penuaan dini pada kulit. Vitamin C berfungsi memperbaiki DNA kulit yang rusak, menangkal radikal bebas dan sebagai anti-aging alami di kulit wajah.

Berkat rajin konsumsi daun kenikir dengan takaran yang sewajarnya, wajah glowing, shimmering, splendid bukan lagi khayalan. Bagaimana jadi tertarik mulai konsumsi daun kenikir? Saya ada resep andalan untuk dapatkan manfaat daun kenikir untuk kecantikan dengan jus daun kenikir. Karena kenikir diolah dalam masakan seperti ura-urap, lalap dan pecel sudah mainstream. Simak resep di bawah ini ya, Hijauholic

Jus Daun Kenikir 

Saya memberikan nama Jus Kemang (Kenikir & Mangga). Jus ini adalah jus sayur dan buah hasil kreasi sendiri.  Menggunakan sayur lokal dan buah yang sedang musim, tentunya mudah ditemukan di sekitar kita. Tujuannya biar tidak ada kata mager dan susah cari bahan untuk menuju jalan sehat. Bonusnya kulit wajah ikut cantik yang sehat

Cari daun kenikir (jenis cosmos caudatus) segar di pasar, tukang sayur atau dari kebun Hijauholic sendiri lebih bagus. Yuk menanam kenikir sendiri di rumah, tergolong tanaman yang mudah perawatannya dan bisa tumbuh di lahan terbatas. Mumpung lagi musim mangga, jadi kita menggunakan buah manga sebagai komposisi buah

Resep jus kenikir

Porsi: 1-2 orang

Bahan 

  • 1-2 genggam, kira-kira 20 lembar daun kenikir mentah segar (pilih yang muda / tidak terlalu tua)
  • ½ buah mangga (varietas gadung lebih enak)
  • 1 sdm perasan jeruk nipis / lemon lokal
  • 500 ml air mineral
  • 1 sdm minyak zaitun murni (EVOO, extra virgin olive oil) – opsional (sebagai lemak sehat)
  • 1 sdm cuka apel halal – opsional (sebagai probiotik)

Cara Membuat Jus Daun Kenikir 

  • Masukkan daun kenikir, buah mangga dan air mineral dalam blender
  • Blender sampai halus
  • Saring dan tuang dalam gelas (jus). Jika ingin mendapatkan manfaat serat lebih banyak, tidak perlu disaring (smoothies). Jus dan smoothies itu berbeda loh, simak perbedaannya di sini
  • Tambahkan 1 sdm perasan jeruk, minyak zaitun dan cuka apel.
  • Aduk sampai merata
  • Sajikan dan siap dinikmati
Rasa : gurih, unik perpaduan rasa langu kenikir dan manis mangga, segar.
Selamat mencoba

Kalian bisa kapan saja membuat jus daun kenikir ini. Tapi waktu yang lebh tepat saat perut dalam kondisi kosong di pagi hari sesaat setelah minum air putih. Tentunya sebagai pendamping sarapan real food kalian.

Bagaimana mudah, praktis dan antimainstream bukan? Cara dapatkan 5 manfaat daun kenikir untuk kecantikan dengan jus daun kenikir. Semoga yang masih anti sayur, terutama daun kenikir jadi tergoda coba resep ini. Ingat demi kulit wajah yang cantik dengan cara sehat.

Referensi

6 komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.
  1. Waaah aku baru aja nanem semai di halamanku. Baru tau menu jus daun kenikir gini. Bisanya disayur aja

    BalasHapus
  2. Kalau udah panen, dicoba ya mbak put

    BalasHapus
  3. Kenikir termasuk tanaman herbal yg banyak manfaatnya. Dimakan untuk lalapan juga enak.

    BalasHapus
  4. baru tau kalau kenikir juga bisa dibuat jus mba, kirain hanya untuk masakan..

    BalasHapus
  5. Dibalik aromanya yang istimewa ternyata menyimpan banyak manfaat. Nggak kebayang kalau dibuat jus gimana rasanya...

    BalasHapus